6 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Latihan Kamu Sia-sia!

What's up, Bro! 💪

Kamu mungkin sampai sekarang punya kebiasaan yang kamu nggak sadar kalo kebiasaan ini bisa merusak usaha latihan fitness kamu selama ini dan bahkan bisa membuat latihan kamu jadi sia-sia.

Gua kali ini bakalan share sebuah artikel 6 kebiasaan yang bisa merusak latihan kita!

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa target kamu belum tercapai padahal kamu udah lama latihan, dan mungkin tidak berhubungan dengan banyaknya repetisi latihan kamu. 
Lifestyle atau kebiasaan kamu di luar gym sama pentingnya bro.
Kebiasaan buruk ini bisa merusak latihan kamu dan bisa mempengaruhi kesehatan kamu dalam jangka panjang.

1. Latihan yang salah

fitness barbels

Banyak orang yang meremehkan sebuah latihan yang optimal, entah karena kurangnya bimbingan yang tepat, tidak meminta saran, atau memang karena baru di gym. 
Latihan dengan cara yang salah bisa berbahaya bagi persendian dan otot kamu, dan bahkan bisa meminimalkan efek latihan kamu. 
Sangat disaranin buat pemula untuk latihan menggunakan pembimbing kalo kalian masih belum tahu tehnik2 di fitness.

2. Latihan saat Perut Kosong

perut kosong

Para ahli merekomendasikan untuk mengisi tubuh kamu sebelum mulai latihan. 
Ketika gula darah kamu terlalu rendah, tubuh kamu meng-ekstrak glikogen dari jaringan otot setelah kehabisan glikogen yang ada sebelumnya. Yang nanti lama-kelamaan kamu mulai kehilangan otot kamu dan malah bukan membangunnya.
Dan gula darah yang rendah juga bisa menyebabkan pusing dan lemas saat kamu berlatih.
Jadi.. setidaknya isi perut kamu dengan buah-buahan, makanlah 30-45 menit sebelum latihan supaya makanan telah tercerna untuk mencegah efek negatif yang ditimbulkan.

3. Terlalu banyak Kardio

kardio terus


Kardio bisa membakar banyak kalori, tapi terlalu banyak kardio malah dapat menurunkan kekuatan tubuh kamu, menyebabkan atrofi otot, dan bahkan menyebabkan titik turun lemak. Dan, jika kamu menjalani diet ketat dan menggabungkan dengan banyak kardio, otot kamu dapat terbebani.
Lakukan aja kardio secukupnya, seperti 2-3 kali seminggu. Kita harus fokus pada latihan dan mempertimbangkan antara nutrisi dan kardio.

4. Kelaparan atau mengonsumsi makanan yang salah


kelaparan dan salah makanan

Banyak orang yang berpikir bahwa nggak makan bisa membantu menurunkan berat badan, tapi itu nggak benar, kamu perlu makan setelah latihan, dan kamu perlu makan dengan asupan yang bener.
Kalo nggak, tubuh kamu akan memecah otot menjadi asam amino untuk diubah menjadi glukosa, bro.

5. Tidak cukup tidur


kekurangan tidur

Tidur yang cukup berguna untuk memulihkan sel-sel dan otot kamu. tanpa itu, kamu nggak bisa berolahraga dengan intensitas penuh dan otot akan terasa nyeri setelah latihan kemarin karna nggak bisa memperbaiki otot yang dilatih. Belum lagi, tidur dapat mengurangi stress.
Semua itu berarti kalian harus tidur 6-8 jam, walaupun waktu itu dapat disesuaikan oleh semua orang..

6. Diet rendah protein


diet rendah protein

Protein sangat penting untuk membantu memulihkan tubuh kamu dan membantu memperbaiki otot-otot yang sakit. 
Diet kaya protein membantu meningkatkan metabolisme lemak di tubuh kamu, karena kamu membakar lebih banyak kalori saat pencernaan terjadi dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk istirahat.

DO YOUR BEST !✊
Semoga bermanfaat 😍

Comments